Jumat, September 02, 2016

cara gampang membuat efek sunset di photoshop

Cara Gampang Membuat Efek sunset di photoshop

cara gampang membuat efek sunset di photoshop menggunakan menggunakan Photo Filter Adjustment Layer. Photo Filter merupakan tool yang mudah digunakan dan cepat untuk membuat foto menjadi lebih hangat atau lebih teduh. Namun jika kita menginginkan pengaturan yang lebih fleksibel, maka adjustment gradient map adalah pilihan yang lebih baik. Pada kali ini akan dijelaskan cara gampang membuat efek sunset di Photoshop menggunakan gradient map.


Langkah-langkah Mudah Cara Membuat Efek Sunset di Photoshop

1. Buka Foto Ke Dalam Photoshop Kemudian Gandakan Background.


Pilih menu File>Open, klik foto anda kemudian klik tombol Open. Setelah foto terbuka, gandakan layer Background, caranya tekan tombol Ctrl+J.

2. Buat Gradient Map.

Pilih menu Layer>New Adjustment Layer>Gradient Map. Akan terbentuk layer adjustment gradient map dengan properties default berwarna hitam ke putih. Jika properties tidak muncul, double klik lingkaran di sebelah kiri layer gradient map untuk menampilkannya. Kemudian klik pada menu drop down gradient (dilingkari merah) untuk mengedit warnanya. Akan muncul jendela gradient editor.


3. Atur Warna Gradient Map Sebelah Kiri.

Pada jendela gradient editor, klik slider sebelah kiri bawah kemudian klik kotak color. Akan muncul jendela color picker. Di jendela color picker, pilih warna merah.


4. Atur Warna Gradient Map Sebelah Kanan.

Pada jendela gradient editor, klik slider sebelah kanan bawah kemudian klik kotak color. Akan muncul jendela color picker. Pada jendela color picker, pilih warna kuning. Kemudian klik tombol OK untuk menutup jendela gradient editor. Foto anda sekarang seharusnya sudah berwarna merah kekuningan.


5. Ubah Blend Mode Gradient Map Ke Overlay.

Ubah blend mode layer gradient map ke overlay dan atur opacitynya ke nilai 60%.


6. Atur Tingkat Cahaya Dengan Menambahkan Curves.

Jika foto anda terlihat gelap, atur tingkat cahaya dengan menggunakan adjustments Curves. Pilih menuLayer>New Adjustment layer>Curves. Akan terbentuk Curves. Klik pada busur kemudian drag sedikit ke atas agar diperoleh efek foto yang lebih terang. Sampai disini sudah selesai foto efek sunset kita. Jika hasilnya kurang memuaskan, double klik lingkaran di sebelah kiri gradient map untuk menampilkan gradient editor. Silahkan edit warna merah dan kuning sampai diperoleh hasil yang baik. Selamat mencoba.

Berikut ini foto sebelum penerapan gradient map:


Dan berikut ini foto setelah penerapan gradient map:



itulah tutorial cara gampang membuat efek sunset di photoshop mudah bukan  selamat mencoba.



0 komentar:

Posting Komentar