Kamis, Agustus 11, 2016

Cara Membuat Frame dengan Photoshop

Cara Membuat Frame dengan Photoshop

Cara Membuat Frame dengan Photoshop. hyyyy yh ndan okehh pada kesempatan kali ini gua bakal bagi-bagiin video cara Membuat Frame dengan Photoshop. Softus sempat posting cara membuat stiker sederhana berupa. Ternyata banyak yang request cara membuat frame  agar karya tersebut dibikinkan tutorialnya. 


(Gambar Cara Membuat Frame dengan Photoshop)


Frame adalah satuan terkecil dalam video. Pada program flash, frame diumpamakan seperti kertas hvs yang telah digambar, dan contoh apabila framenya kita perpanjang sebanyak 5 frame, maka diumpamakan seperti 5 kertas hvs dengan gambar yang sama.apabila kita merubah gambar salah satu frame, maka frame yang lain akan mengikuti perubahan gambar tersebut. Karena frame tidak dapat berdiri sendiri.
Kembali pada pengertian stop motion, yaitu salah satu teknik dalam pembuatan animasi. Teknik ini terdiri dari dua kata yaitu stop yang berarti berhenti dan motion yang berarti gerakan / bergerak. Teknik ini menggunakan  prinsip frame to frame, seperti animasi 2 dimensi. Pengerjaannya sama dengan animasi pada umumnya yaitu mengatur frame per frame gambar. Yang membedakan adalah cara menghidupkannya / animatenya.

penggunaan frame dalam membuat animasi stop motion
Penggunaan frame dalam membuat animasi stop motion yaitu dengan beberapa proses, antara lain pengambilan gambar satu per satu yang digabungkan dengan teknik frame by frame dimana hal ini  untuk mendukung pembuatan stopmotion. Setiap foto menceritakan setiap gerakan yang akan dijalankan oleh obyek dengan proses pemotretan menggunakan green screen dengan tujuan untuk memudahkan dalam menyatukan background sebenarnya (dihilangkan). Untuk pengambilan gambar live shoot maka diperlukan beberapa property, lokasi cuaca yang mendukung untuk pencahayaan, serta pengambilan angle sehingga proses stop motion dapat berjalan dengan baik.
Take shoot dalam stop motion harus memperhatikan setiap gerakan yang dihasilkan dari pengambilan foto. Karena setiap gerakan menghasilkan arti yang berbeda dimana akan fatal akibatnya apabila tidak sesuai dengan storyboard. Semakin banyak frame yang diambil maka hasil yang didapatkan akan semakin halus. Sedangkan dalam live shoot hal yang harus diperhatikan yaitu property, angle serta cuaca dipagi atau sore hari dimana pencahayaan sangat pas untuk proses pengambilan gambar.
Proses terakhir yang dilakukan setelah menggabungkan stop motion dan live shoot yaitu melakukan rendering dimana format yang digunakan yaitu AVI dengan kualitas gambar yang bagus. Rendering merupakan proses pemindahan daeta dari kamera komputer yang kemudian dilanjutkan dengan proses editing.
Konsep awal video animasi ini yaitu dengan membuat suatu inovasi baru dengan menggabungkan teknik stop motion dan live shoot dengan mengangkat sebuah cerita rakyat yang telah melegenda diseluruh kalangan sehingga lebih dapat cepet dimengerti dan dapat diteruskan dari generasi ke generasi. Tahap awal yang dilakukan dalam proses produksi adalah mengembangkan ide dan konsep cerita. Kemudian membuat sketsa karakter, treatment, storyboard dan sinopsis. Pembuatan video animasi stopmotion dan live shoot ini memakan waktu 3 bulan dimana proses dilakukan sejak pra-produksi, produksi hingga pasca produksi. Pada proses pengambilan gambar, semakin banyak gambar yang difoto maka hasil yang didapat akan semakin halus dan terlihat nyata. Setiap frame harus menunjukkan pergerakan obyek dimana harus digerakkan secara perlahan sehingga hasil yang didapat halus.

Dan Kali ini, saya berkesempatan untuk membuat tutorial tersebut. Sebuah tutorial photoshop yang sangat sederhana yang diharapkan dapat memberi penjelasan secara rinci mengenai proses pembuatan karya frame . Mudah-mudahan dari tutorial ini, pembaca bisa berimprovisasi menciptakan artwork yang fantastis sesuai dengan fantasi dan imajinasi kreatif masing-masing. Check it out! :)


(Cara Membuat Frame dengan Photoshop)



INTI-nya, jangan takut MENCOBA karena kita tidak akan tau apa yang akan kita dapatkan. Okeh-okeh.. : ) X ) : p

Terima Kasih, dan tunggu tutorial yang lebih kompleks dari yang sangat sederhana ini. :).. Okeh Bye bye Softuss sampai jumpa di artikel selanjutnya..



0 komentar:

Posting Komentar